• Baker's Friend

Beberapa Kesalahan Ketika Membuat Roti (part 2)



  1. Tidak mengindahkan resep Tak hanya perihal menimbang makanan, kesalahan lain yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak mengikuti anjuran resep dengan tepat. Jika acuan resep yang digunakan mengharuskan untuk mengaduk adonan selama lima menit, maka aduklah tepat selama lima menit, jangan terlalu berlebihan atau kurang. Poin ini berperan penting pada tekstur kue yang dihasilkan. Mengikuti semua perintah resep adalah cara terbaik untuk menghasilkan kue yang terbaik versi resep tersebut.

  2. Mixer terlalu sebentar atau terlalu lama Penyebab roti menjadi keras adalah proses mixing terlalu lama atau terlalu sebentar. Jika terlalu sebentar adonan tidak berhasil mengembang dengan sempurna, sedangkan jika terlalu lama atau over mixing maka kandungan pada bahan pembuatan roti menjadi berkurang dan hilang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengetahuan tentang waktu dan kecepatan saat proses mixing sangat di perlukan dan harus diperhatikan. Ini bersangkutan dengan point sebelumnya. Dimana, mengindahkan resep sangat penting agar roti yang dibuat bisa sesuai dengan resep dan ekspektasi.

  3. Pemanggangan Pada dasarnya pemanggangan dapat dilakukan dengan oven tradisional atau modern. Namun yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan oven tradisional (oven kaleng yang dimasak di atas kompor) jangan terlalu sering membuka tutup oven. Sebab itu akan membuat panas oven tidak stabil. Kemudian setelah roti berwarna golden brown yang mencirikan roti matang sempurna, segera angkat roti. Setelahnya jangan lupa untuk sesegera mungkin mengeluarkan roti dari loyang panas. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, roti akan berkeringat dan mudah berjamur. Segera pindahkan roti ke wadah kering atau loyang yang tak panas.

  4. Warna kulit cepat gosong Kasus ini kerap terjadi karena beberapa faktor, salah satunya penggunaan bahan baku. Menggunakan gula dan susu terlalu banyak dapat membuat kulit roti cepat gosong. Faktor lainnya oven terlalu panas dan pembakaran terlalu lama.

Sebenarnya masalah di dalam roti itu memang sering ada. Selain oleh kedisiplinan dan cara kerja bakernya, masalah juga bisa muncul karena bahan baku. Sering sekali mendapatkan bahan baku yang stoknya sudah lama, apalagi ditambah penyimpanan gudang terlalu pengap ruangannya. Kadang masalah berasal dari resep yang tidak sesuai dan yang harus diketahui: beda merk bahan, mesin penunjang produksi, ataupun tempat pembuatan tentu beda cara. Yang paling penting itu adalah tidak cepat menyerah dan mau belajar terus dari setiap kesalahan.

106 views0 comments