• Baker's Friend

Tips Memanggang Roti Anti Gagal


Memanggang roti dengan tingkat kematangan yang pas dan memiliki cita rasa yang enak tentunya menjadi keinginan para pembuat roti. Terlebih lagi jika anda memiliki bisnis bakery, hal tersebut tentunya menjadi hal wajib yang perlu anda ketahui untuk menjadikan roti buatan anda laris manis di pasaran. Namun bila anda adalah pemula, maka anda perlu mencari tahu bagaimana tips anti gagal dalam memanggang roti buatan anda. Melansir dari journal.unnes.ac.id, terdapat beberapa tips yang dapat anda terapkan dalam memanggang roti seperti berikut ini.


1. Pembuatan Adonan

Pada saat pembuatan adonan roti, pastikan bahwa proses pembuatan adonan harus dilakukan dengan baik dan benar agar didapatkan hasil adonan dengan kualitas yang baik. Mulai lah dari pemilihan bahan baku, penimbangan, mixing bahan baku, pemotongan, dan pembentukan. Pastikan semua bahan baku adonan sesuai dengan takaran agar kualitas adonan tidak gagal.


2. Pemilihan Loyang

Setiap loyang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pahami karakteristik loyang berdasarkan bahan pembuatan loyang tersebut, jangan sampai anda salah memilih loyang. Pilih ukuran loyang yang sesuai dengan ukuran adonan anda, agar adonan matang merata.


3. Pengaturan Suhu

Salah satu kunci terpenting dari pemanggangan roti adalah pengaturan suhu, pastikan suhu yang tepat untuk kematangan adonan roti anda. Karena suhu terlalu tinggi akan menyebabkan adonan rusak, sedangkan suhu terlalu rendah membuat adonan anda tidak matang.


4. Durasi Pemanggangan

Pastikan durasi pemanggangan tidak lebih dan tidak kurang dari waktu semestinya, karena akan membuat adonan gagal. Maka dari itu perhatikan durasi pemanggangan, agar tingkat kematangan adonan sesuai.


5. Pemilihan Oven

Oven merupakan senjata utama pada proses pemanggangan. Pilihlah oven dengan kualitas yang baik dan memiliki pengatur suhu, timer, serta kaca untuk memastikan kematangan roti anda dan tentunya dapat memudahkan anda dalam memanggang adonan dan menghasilkan roti yang sempurna.


Setelah melihat tips di atas, salah satu hal yang sangat berpengaruh pada proses pemanggangan roti adalah pemilihan oven. Anda dapat memilih beragam jenis oven yang ditawarkan Baker's Friend, yang tentunya memiliki kualitas bagus, pengatur suhu, timer dan fitur canggih lainnya. Dalam waktu dekat ini pun Baker's Friend akan menghadirkan oven deck gas otomatis karya Anak Bangsa dengan merek Baker’s Friend Ultra. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk ini silahkan follow Instagram kami di bakersfriend_id.

86 views0 comments