• Baker's Friend

Perbedaan Antara Oven Gas Manual & Otomatis



Perbedaan yang paling mendasar antara oven gas manual dan otomatis adalah di sistem pengapian. Oven gas manual membutuhkan pengapian manual dengan menggunakan lilin, korek api, atau pemantik api, dimana lilin atau pemantik api tersebut harus didekatkan ke lubang api di dalam oven. Pengapian manual seperti ini biasanya ada risiko keamanan dimana tangan bisa tidak sengaja terbakar oleh api yang keluar. Di sisi lain, oven gas otomatis menggunakan sistem pengapian otomatis yang secara relatif jauh lebih aman daripada pengapian manual.


Apa itu sistem pengapian otomatis?

Pengapian Otomatis Oven Gas Baker's Friend

Di dalam oven gas otomatis terdapat perangkat elektronik seperti terlihat di gambar diatas yang secara sinergis menyalakan api di dalam oven dan menjaga agar suhu tetap stabil sesuai dengan pengaturan. Pada saat suhu pemanggangan sudah diatur, solenoid valve akan secara otomatis terbuka dan gas akan masuk ke dalam oven. Dengan dorongan angin dari kipas, gas akan terdorong secara merata ke dalam pipa pengapian. Pada pipa pengapian tersebut terdapat pemantik elektrik yang akan secara otomatis menyalakan apinya. Jika suhu di dalam oven sudah mencapai suhu pemanggangan yang diinginkan, maka solenoid valve akan secara otomatis menutup pasokan gas dan api akan padam. Jika suhu di dalam oven turun dibawah suhu yang diinginkan maka siklus pengapian akan berulang sehingga suhu pemanggangan tetap stabil sesuai dengan yang diinginkan.


Sebagai tambahan keamanan, Oven Gas Baker's Friend menggunakan sensor api dan dual solenoid valve (Solenoid valve dengan dua penutup). Sensor api bertugas untuk menutup pasokan gas jika pemantik listrik tidak berhasi menghasilkan api dan Dual solenoid valve bertugas untuk mencegah kegagalan penutupan pasokan gas.


Secara garis besar, perbedaan oven gas manual dan otomatis adalah sebagai berikut:


Listrik diperlukan - pengapian oven gas otomatis membutuhkan listrik untuk menyalakan perangkat listrik, sementara pengapian oven gas manual hanya membutuhkan lilin, korek api, atau pemantik api untuk menyalakan api.


Lebih aman - Anda hanya perlu menekan tombol dan mengatur suhu yang diinginkan untuk menyalakan oven gas otomatis, tidak seperti oven gas manual yang mengharuskan Anda memutar kenop gas dan kemudian menggunakan batang korek api atau lilin untuk menyalakan api. Ini membuat pengapian otomatis oven gas jauh lebih aman dan lebih menarik.


Hemat gas - pada saat pengapian oven gas manual, katup gas perlu dibuka terlebih dahulu sebelum korek api atau lilin didekatkan ke pipa pengapian. Proses pengapian manual ini memerlukan waktu sehingga gas yang keluar pada saat tersebut terbuang percuma. Hal ini tidak berlaku untuk oven gas otomatis yang menggunakan sistem pengapian otomatis. Sehingga oven gas otomatis lebih hemat gas daripada oven gas manual.


Lebih akurat dan mudah digunakan - sistem pengapian oven gas otomatis dikontrol oleh perangkat elektrik, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan suhu pemanggangan yang terlalu tinggi atau rendah. Ditambah lagi, Oven Gas Baker's Friend memiliki timer yang terintegrasi dengan sistem pengapian. Sehingga Anda tinggal mengatur durasi pemanggangan yang diperlukan dan oven akan mati secara otomatis jika durasi tersebut telah tercapai.


Biaya pemeliharaan yang lebih tinggi - meskipun lebih aman dan lebih mudah digunakan, dikarenakan banyaknya perangkat elektronik, oven gas otomatis memerlukan servis seperti penggantian sirkuit listrik, kenop, atau tombol sesuai kebutuhan. Oven Gas Baker's Friend menggunakan pengontrol suhu CAHO (Buatan Taiwan) sehingga jauh lebih awet.


Investasi yang lebih tinggi - dikarenakan banyaknya fitur tambahan yang dimiliki oven gas otomotis, secara umum, oven gas otomatis lebih mahal daripada oven gas manual. Harga Oven Gas Baker's Friend dimulai dari 8 juta rupiah.

51 views0 comments

Recent Posts

See All