• Baker's Friend

4 Cara Menghafal Resep Dengan Mudah Dan Cepat

Updated: Mar 6



Sering kesusahan menghafal atau lupa resep?

Dalam dunia bakery, salah satu soft skill yang harus dimiliki adalah daya ingat yang kuat. Tidak hanya untuk mempermudah pekerjaan, memiliki daya ingat yang kuat juga dapat mempercepat pekerjaan. Jika kamu merasa sering lupa atau susah menghafal, mungkin ada baiknya jika kamu coba melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Fokus Cobalah untuk membuat situasi yang kondusif saat hendak menghafal resep. Jika resep Anda ada di dalam buku, maka simpan terlebih dulu handphone dan mulai menghafal. Tapi apabila resep yang akan Anda hafalkan ada di handphone, maka matikan notifikasi atau matikan koneksi internet sebelum mulai menghafal. Karena notifikasi yang masuk akan dengan mudah mendistraksi fokus Anda saat menghafal.

  2. Merekam suara Jika Anda termasuk orang yang kurang suka membaca atau merasa pusing jika harus membaca dalam waktu yang relatif lama, maka Anda hanya perlu 1 kali membaca kemudian merekam audionya. Sehingga Anda bisa menghafal dengan cara mendengarkan apa yang Anda ucapkan.

  3. Menulis ulang Menulis ulang adalah salah satu cara yang terbukti ampuh dilakukan untuk menghafal. Dengan menulis ulang Anda akan membaca secara perlahan dan menuliskannya kembali kata perkata, sehingga Anda bisa lebih cepat menghafal dan Anda juga bisa mengganti bahasa yang ada pada resep dengan bahasa Anda sendiri agar lebih mudah dipahami.

  4. Implementasi Jangan hanya di hafalkan, tapi Anda juga harus mempraktekannya. Sebagai contoh, untuk percobaan pertama dan kedua saat Anda membuat roti manis, mungkin Anda akan bolak-balik melihat buku resep/handphone. Namun untuk percobaan berikutnya Anda akan mulai mengingat peralatan dan bahan apa saja yang harus disiapkan beserta langkah-langkah produksi dari awal sampai akhir.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk lebih mudah dalam menghafal resep. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

37 views0 comments

Recent Posts

See All