• Baker's Friend

Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Angka kasus positif virus corona COVID-19 secara lokal maupun global semakin naik dari hari ke hari. Jumlah kasus virus corona di Indonesia saat ini tercatat urutan ke-17 dari seluruh dunia. Dikutip dari worldometers.info/coronavirus pada Jumat (2/7/2021), jumlah kasus di Indonesia mencapai 2.203.108 dari 276.406.727 total populasi.


Berbagai tindakan pencegahan seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menggunakan masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus corona COVID-19. Sistem kekebalan daya tahan tubuh yang kuat juga perlu disiapkan untuk menghadapi pandemi ini, mulai dari mengkonsumsi multivitamin dan suplemen. Namun itu semua harus dibarengi dengan pola makan yang sehat guna membantu meningkatkan imunitas tubuh.


Berikut makanan yang baik Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh:


  1. Jahe Rempah yang satu ini dapat membantu mengurangi peradangan penyebab terjadinya sakit tenggorokan dan radang. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe terbukti bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan: mual, mengurangi nyeri kronis, dan memiliki sifat penurun kolesterol. Anda bisa mengkreasikannya menjadi berbagai olahan seperti wedang, permen, ginger cookies, ginger cupcake, ginger puding, dan lain sebagainya.

  2. Jeruk Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh karena bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci melawan infeksi. Dikutip dari aladokter.com/vitamin-c pada Jumat (2/7/2021) kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa adalah: Pria dewasa : 14 - 18 tahun: 75 mg/hari 19 tahun keatas: 90 mg/hari Wanita dewasa: 14 - 18 tahun: 65 mg/hari 19 tahun ke atas: 75 mg/hari Ibu hamil: 80 - 85 mg/hari Ibu menyusui: 115 - 120 mg/hari Agar tidak bosan, Anda bisa membuat olahan makanan seperti: salad, Mandarin orange cream cake, Mandarin orange cheese cake, dan lain sebagainya.

  3. Teh hijau Teh hijau dikemas dengan flavonoid yang merupakan jenis antioksidan. Teh hijau juga sangat unggul pada tingkat epigallocatehin gaallate (EGCG) yang merupakan antioksidan kuat lainnya. Di kutip dari agritech.unhas.ac.id/kmdtpuh pada Jumat (2/7/2021) EGCG ini terbukti dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

  4. Almond Vitamin E termasuk antioksidan kuat sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh karena vitamin E akan larut dalam lemak, yang berarti membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Almond mengandung vitamin E dan mengandung lemak sehat. Orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E perhari. Untuk mencapai kecukupan vitamin E tersebut Anda bisa mengkonsumsi multivitamin atau olahan almond seperti: almond crispy, caramelize almond, kue kenari, almond raisin cookies, dan lain sebagainya.

  5. Kunyit Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Konsentrasi curcumin yang tinggi memberikan warna khas pada kunyit yang mampu membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Tak hanya itu, curcumin juga bisa menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh dan antivirus.


Itulah daftar makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah virus corona COVID-19. Anda juga bisa menggunakan makanan tersebut untuk menciptakan kreasi kue yang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus COVID-19. Sebagai catatan, konsumsi multivitamin dan makanan sesuai batas aman tubuh, karena jika terlalu banyak akan menimbulkan efek samping. Jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah


Stay safe and healthy.

4 views0 comments