• Baker's Friend

Strategi Sukses Memulai Usaha Kue



Siapa yang tidak suka bersantai di rumah sambil memakan makanan favorit, baik itu kue kering, kue basah atau bahkan kue tradisional. Hampir semua orang pasti suka, karena rasanya yang unik dan lezat. Karena itu, jika Anda memiliki hobi membuat kue di rumah, sangat di sayangkan apabila tidak dimanfaatan sebagai usaha yang bisa mendatangkan pemasukan yang sangat lumayan.


Usaha kue ini dapat mendatangkan income yang maksimal apabila dilakukan dengan strategi yang benar. Alasannya adalah, kebutuhan akan kue terus meningkat seiring berjalannya waktu. Di Indonesia sendiri, kondisi seperti ini terus berlanjut serta tidak berhenti hanya karena muncul tren camilan baru. Hal ini di dukung juga dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu menyediakan camilan atau kue-kue di rumah, entah itu untuk kebutuhan konsumsi sendiri atau sebagai hidangan menjamu tamu

Menurut data rata-rata pertumbuhan tahunan konsumsi per kapita tahun 2011-2020 (Sumber: Statistik Konsumsi Pangan), konsumsi kue atau roti masuk ke dalam 10 besar makanan yang pertumbuhannya paling besar di Indonesia. Oleh karena itu, usaha kuliner termasuk usaha kue ini, adalah sebuah usaha dengan prospek cerah yang tetap bertahan dan berkembang terus menerus sepanjang masa. Hal ini disebabkan berbagai ide usaha kuliner terus bergulir dan dapat dikembangkan dengan baik oleh para pemula maupun yang telah berpengalaman di dunia kuliner.


Perlu Anda ketahui, keahlian membuat kue yang lezat bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi suksesnya usaha di bidang kuliner khususnya kue. Masih ada faktor lain yang menjadi penunjang keberhasilan sebuah usaha kue. Jika Anda berminat untuk menjalankan usaha kue, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa strategi yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber dan beberapa narasumber yang sudah terlebih dulu terjun ke dunia kuliner kue ini.


  1. PERENCANAAN DAN PERSIAPAN MODAL Setiap usaha selalu membutuhkan perencanaan matang termasuk usaha kue ini, baik usaha kue kering, kue basah, maupun kue tradisional. Perencanaan yang matang dapat mengantisipasi segala rintangan saat Anda menjalankan usaha kue ini nantinya. Selain Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalan membuat kue yang enak dan lezat, sebagai modal keahlian utama yang Anda persiapkan. Selain itu, persiapan modal juga mencakup modal untuk membeli peralatan serta bahan-bahan kue yang berkualitas, peralatan baking yang mumpuni, tenaga kerja/karyawan, dan lain sebagainya

  2. MENENTUKAN JENIS KUE Lakukan survei tentang jenis kue apa yang paling disukai dan banyak dicari oleh masyarakat. Dengan membaca selera pasar, produksi kue Anda akan terjual habis dan usaha kue Anda dapat berkembang dengan baik. Tentukan jenis kue yang paling tepat untuk di produksi dan dijual, dengan membuat daftar kue laris di pasar. Hal ini bertujuan untuk menekan ongkos produksi, agar modal yang harus Anda sediakan tidak terlalu besar. Anda bisa menggunakan teknik ATM (amati, tiru, modifikasi) dari produk kompetitor untuk membuat produk yang sama namun berbeda. Pada dasarnya, cookies memiliki rasa yang sama yaitu manis dan sedikit pahit dari dark choco. Anda bisa melakukan modifikasi dari bentuk atau warna yang lebih variatif agar lebih menarik calon pembeli.

  3. TENTUKAN PASAR YANG TEPAT Tentukan dan temukan pasar yang paling tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Anda harus benar-benar yakin bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik. Artinya, Anda harus teliti dan pintar dalam melihat peluang dan berbagai risiko di pasar yang akan dimasuki nantinya. Jangan memaksakan diri untuk menembus pasar yang peluangnya kecil. Pasar yang menjanjikan adalah pasar yang masih memiliki kemungkinan berkembang dan memiliki tingkat persaingan yang minim. Sebagai tambahan dan gambaran, berikut ini ada beberapa langkah pemasaran yang mum dan sering dilakukan para pengusaha dalam meraih angka penjualan, antara lain: - Melakukan penawaran secara langsung kepada konsumen. Dimulai dari para tetangga di dekat tempat tinggal, rekan kerja di kantor, keluarga, dan teman-teman dekat lainnya - Melakukan penawaran dan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang dapat menjual produk dan memperluas pasar penjualan. Misalnya, kerja sama dengan toko-toko roti dan kue, supermarket, katering, pembuat parcel, atau agen pemasaran kue.

  4. LAKUKAN KEGIATAN PRODUKSI Setelah Anda mengetahi jenis kue dan pasar, sekarang saatnya melakukan kegiatan produksi. Hal ini harus dilakukan dengan terencana agar semua berjalan dengan lancar. Jangan sampai kegiatan produksi yang Anda lakukan tersendat. Karena jika hal tersebut terjadi, kemungkinan usaha kua Anda akan mengalami gangguan yang cukup serius. Contoh kecilnya adalah customer Anda bisa saja pergi karena proses produksi kue Anda yang lama. Jadi jangan sampai membuat cutomer menunggu. Jangan pernah ragu untuk mengerahkan keahlian dan kemampuan Anda dan para pekerja untuk menghasilkan produk yang bagus. Karena produk bagus, memiliki rasa yang khas, dan unik akan membuat customer melakukan repeat order dan tidak keberatan untuk merekomendasikan kepada teman, keluarga atau bahkan media sosial.

  5. MAKSIMALKAN PROMOSI Promosi termasuk hal penting dalam kesuksesan suatu usaha. Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan aktivitas promosi seperti halnya media sosial. Selain cara pegoperasiannya yang mudah, media sosial juga merupakan media yang gratis dan tanpa batas. Anda dapat melakukan promosi dengan memberikan penawaran harga terbaik agar pembeli semakin tertarik. Promosi ini harus dilakukan dengan gencar, karena kesuksesan Anda dalam membangun usah akue ini tergantung pasa kesuksesan promosi yang Anda lakukan. Jadi, usahakan untuk membuat promosi yang menarik dimulai dari door to door, atau menawarkan pada temen dekat atau keluarga. Dengan begitu Anda bisa membuat brosur atau poster kue disertai ulasan mereka tentang produk Anda. Itu akan menjadi nilai plus di mata calon pembeli

Lakukan setiap strategi dengan benar, jangan sampai Anda keliru saat menentukan strategi dan mengambil keputusan. Mengingat segmen pasar ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan terus mengelami kenaikan setiap tahunnya. Setiap langkah sangat menentukan kesuksesan Anda, jadi pastikan Anda melakukan setiap strategi dengan benar sehingga usaha kue Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga sukses :)

32 views0 comments

Recent Posts

See All