top of page
  • Baker's Friend

4 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan


Photo by Mariana Kurnyk from Pexels

Roti gandum memang belum banyak dikonsumsi secara luas di Indonesia. Banyak masyarakat lebih mengenal roti tawar biasa (Atau sering disebut roti putih) sebagai roti yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya saat sarapan. Roti gandum berbeda dengan roti putih. Meskipun keduanya sama-sama terbuat dari bahan dasar gandum, namun ternyata dari bagian yang berbeda. Gandum yang digunakan dalam pembuatan roti sendiri memiliki beberapa bagian utama yaitu kulit (bran), tengah (endosperma) dan lembaga (germ). Bagian endosperma atau bagian tengah adalah bagian gandum yang paling kaya akan pati. Nah, bagian inilah yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti putih. Sedangkan roti gandum terutama whole wheat menggunakan ketiga bahan gandum tersebut dalam pembuatannya, sehingga menjadikannya lebih kaya akan serat dan berbagai vitamin serta mineral.


Klikdokter.com menyatakan 4 manfaat roti gandum baik untuk diet dan kesehatan tubuh. Simak uraian berikut ini :

  1. Kenyang lebih lama : Roti gandum mengandung lebih dari dua kali serat roti putih. Kandungan serat ini akan menambah volume pada makanan tanpa menambah jumlah kalori. Sehingga membuat perut kita terasa kenyang lebih lama.

  2. Mengunyah lebih lama : Makan tinggi serat seperti roti gandum membuat kita mengunyah lebih lama. Mengunyah lebih lama akan membuat Anda lebih cepat kenyang dengan memicu peregangan lambung, memicu respon hormon pencernaan dan menurunkan kecepatan makan.

  3. Melancarkan pencernaan : Konsumsi roti gandum dengan kandungan serat yang cukup tinggi akan membantu melancarkan pencernaan anda.

  4. Tinggi nutrisi, namun rendah kalori : Roti gandum memiliki lebih banyak kandungan vitamin B, vitamin E, dan berbagai mineral dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Dengan begitu, anda bisa memenuhi kebutuhan mikronutrien ini tanpa harus was-was akan kelebihan kalori,

Jika sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, roti gandum adalah salah satu pilihan untuk menggantikan nasi sebagai bahan makanan pokok sehari hari. Namun hati-hati dengan jenis roti dengan embel-embel gandum yang dijual di pasaran. Prinsipnya, utamakan memilih roti gandum berlabel whole-wheat.


Selamat mencoba!

15 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page