• Baker's Friend

4 Tips Memilih Roti Gandum yang Berkualitas



Karena memiliki kandungan karbohidrat, roti sering disantap sebagai menu sarapan, bekal makan siang, atau bahkan sebagai kudapan. Tidak hanya itu, sekarang anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam roti, mulai dari roti tawar, roti manis, roti isi daging, dan roti gandum yang sekarang banyak dilirik para pegiat gaya hidup sehat. Selain mudah ditemukan, harganya pun tergolong murah dan cukup terjangkau. Tak heran jika makanan ini sering dijadikan menu alternatif untuk mengganjal perut.


Namun, tahukah Anda bahwa beberapa roti mencantumkan bahan multigrain yang memiliki arti bahwa roti-roti tersebut tidak sepenuhnya dibuat dari gandum, melainkan dibuat dengan komposisi tepung putih yang lebih banyak. Sementara itu, komposisi gandum yang digunakan hanyalah berjumlah sedikit.


Apalagi, beberapa di antaranya bisa saja mengandung pengawet dan berbagai bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Roti dengan kandungan sodium yang cukup tinggi bisa berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Lantas, bagaimana cara memilih roti gandum yang baik? Berikut penjelasannya:

  • Cek kandungan gizi Jumlah yang disarankan dalam sepotong roti maksimal adalah 100 kalori dan 225 mg sodium. Sedangkan untuk kandungan serat yang disarankan adalah minimal 2 gram.

  • Tekstur roti Roti gandum utuh memiliki tekstur yang padat dan berserat. Sebaliknya, roti terlalu empuk dan lembut terbuat dari berbagai bahan tambahan makanan yang ditambahkan agar roti dapat mengembang dengan jumlah tepung yang sedikit. Cek terlebih dahulu tekstur roti dengan cara menekan roti secara perlahan.

  • Perhatikan jumlah kandungan gula tambahan Rata-rata jumlah gula yang terdapat di dalam roti adalah 2 hingga 6 gram per dua potong roti. Oleh sebab itu, carilah roti yang mengandung gula tidak lebih dari jumlah tersebut agar tidak melebihi batas konsumsi gula per hari.

  • Hindari lemak trans Beberapa produsen roti menambahkan lemak trans dalam bentuk minyak hidrogenasi. Konsumsi lemak trans berlebih dapat membuat peningkatan kolesterol. Bila menemukan kata “sebagian terhidrogenasi” pada komposisi bahan roti, ada baiknya untuk tidak membelinya dan mencari pilihan roti lain.

Tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi roti atau makanan lain dengan secukupnya.

58 views0 comments

Recent Posts

See All