• Baker's Friend

Tren Bisnis Bakery Tahun 2021



Tahun 2020 telah berakhir dan sekarang sudah menginjak bulan Maret tahun 2021. Namun, bukan berarti pandemi dan dampaknya terhadap kondisi ekonomi akan mereda dengan segera. Maka dari itu, perlu banyak sekali strategi yang disiapkan untuk menjalani tahun 2021. Jika sebelumnya banyak bisnis yang tidak bisa berjalan sesuai dengan harapan akibat pandemi COVID-19, kali ini Anda bisa coba mempersiapkannya kembali dengan lebih matang.


Di tahun 2021, tren roti kekinian semakin diminati. Mulai dari roti isi ala negeri Tirai Bambu, sampai seafood roll aneka toping yang menggugah selera makan. Meski tren kuliner berganti setiap tahunnya, roti kekinian tampaknya masih digemari di tahun 2021. Jajanan roti ini tidak hanya sebatas roti manis saja, tetapi variannya jauh lebih beragam yang dikemas dengan gaya kekinian.


Beberapa diantaranya berkaitan dengan penampilan luar dan kandungan bahan yang digunakan dalam produk bakery. Berikut beberapa tren bisnis bakery di tahun 2021 yang bisa Anda coba:

  1. Healthy bakery Seperti tahun sebelumnya, healthy bakery masih menjadi tren di tahun 2021, dimana isu kesehatan menjadi perhatian utama di kalangan masyarakat. Label yang biasa digunakan dalam healthy bakery adalah roti vegan, roti bebas gluten, roti rendah gula, roti gandum, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa berkreasi dengan berbagai macam resep healthy bakery yang ada di buku resep maupun media sosial. Tentunya ini bisa menjadi pilihan bisnis bakery Anda yang akan mendatangkan banyak keuntungan di tahun 2021.

  2. Kemasan unik dan informatif Ada beberapa toko roti yang mulai mengedepankan sisi fungsional pada kemasannya, seperti menampilkan label “kaya antioksidan”, “tinggi protein”, “mengandung serat tinggi”, dan masih banyak yang lainnya. Pemberian label yang menonjol dalam produk bakery akan menambah nilai jual dan menjadikannya bakery premium yang layak dibeli dengan harga tinggi oleh calon konsumen. Sebagai contoh, Anda bisa menjual roti ungu dengan kemasan bening yang ada tulisan “mengandung antioksidan tinggi” dan menjelaskan warna ungunya didapat dari ekstrak antosianin pada beras hitam yang dimasukan ke dalam adonan roti.

  3. Instagramable Produk bakery dan pastry dengan perpaduan warna-warna yang terang serta bentuknya yang menarik dan kreatif akan menjadi salah satu tren di tahun 2021. Produk bakery yang memenuhi kriteria instagramable akan medominasi tren bakery di tahun ini. Ini disebabkan karena meningkatnya pengguna internet setiap tahunnya. Seperti yang di kutip dari kominfo.go.id (27/2) Sekretaris Jendral APJII Henri Kasyfi Soemartono menjelaskan hasil utama dari survei pengguna internet Indonesia 2019-2020 “saat ini penetrasi pengguna internet Indonesia berjumlah 73,7% naik dari 64,8% dari tahun 2018”. Ini merupakan kesempatan besar bagi Anda dengan cara menyajikan berbagai produk bakery dengan penampilan yang mencolok, unik, serta memanjakan mata yang dapat membuat produk Anda lebih cepat populer dan viral.

Itulah tren bisnis bakery di tahun 2021 yang mungkin bisa membangun motivasi bisnis Anda untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda di tahun 2021 ini.


Referensi:

https://food.detik.com/info-sehat/d-3168050/roti-ungu-kini-populer-sebagai-roti-sehat-kaya-antioksidan (27/2)

https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker (27/2)

107 views0 comments

Recent Posts

See All