• Baker's Friend

5 Tips Memulai Bisnis Bakery

Updated: Sep 2, 2019



Beberapa waktu ke belakang, berbisnis kue menjadi tren di kalangan selebriti, puluhan artis secara tiba-tiba terjun ke dunia cake dan pastry. Bermodalkan popularitas yang dimiliki, mereka menjadikan bisnis kue tersebut sebagai pekerjaan sampingannya. Tidak heran, karena memang bisnis cake dan pastry ini sangat menjanjikan, juga mudah dipasarkan. Tenang saja, jangan takut bersaing dengan kepopularitasan kue milik para artis, apabila kita ingin mencoba bisnis cake dan pastry ini, kita bisa mulai mencoba dengan bisnis kue kecil-kecilan yang diproduksi di dapur rumah. Dilansir dari jurnal.id berikut merupakan langkah-langkah untuk memulai bisnis cake dan pastry.


1. Tempat Produksi

Sebagai langkah awal kita harus menentukan dimana kue akan diproduksi, sebagai pemula dengan modal minim, kita tentu belum mampu untuk menyewa tempat untuk produksi kue-kue tersebut. Baiknya, kita coba saja memproduksi kue di dapur rumah kita sendiri. Walaupun dibuat di dapur sendiri, tetap kita harus menjaga kebersihan agar tetap hygiene.


2. Bisnis Plan

Sebelum memulai bisnis, kita harus mengetahui konsep bisnis seperti apa yang akan kita jalankan. Apakah kita hanya akan menerima request dari pelanggan atau membuat sesuai dengan yang kita inginkan lalu ditawarkan kepada pelanggan. Jenis kue apa yang akan kita buat? Kepada siapakah kita akan menjual produk kita? Semua harus kita tentukan sebelum memulai. Selain itu, kita juga bisa mencoba berbisnis kue secara online tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan menggunakan internet dan gadget, kita bisa mempromosikan produk dan mencari pelanggan lewat sosial media. Untuk pengiriman, kita bisa menggunakan jasa delivery lewat aplikasi online yang tersedia.


3. Sampel Produk

Sebelum menjual ke pelanggan, baiknya siapkan tester produk. Biarkan orang-orang disekitar kita memberikan pendapatnya mengenai bagaimana rasa kue yang akan kita jual, dan apabila ada pendapat yang tidak sesuai dengan pendapat kita atau tidak enak dihati, terima saja, semua itu baik untuk perkembangan bisnis kita kelak!


4. Persiapkan Alat dan Bahan

Setelah kita sudah menentukan tempat produksi, sudah memiliki konsep bisnis, dan juga sudah memberikan sampel produk ke calon pelanggan, sekarang saatnya kita menyiapkan alat dan bahan yang kita butuhkan. Buatlah daftar bahan apa saja yang kita butuhkan beserta jumlahnya agar memudahkan kita saat harus membeli lagi bahan-bahan tersebut. Untuk alat, kita membutuhkan oven untuk memanggang kue. Terdapat beberapa jenis oven, mulai dari oven kompor, oven konvensional, oven konveksi, oven listrik, dan oven gas. Oven-oven tersebut mudah didapat di Indonesia karena sangat banyak produk impor yang dijual, ditambah lagi Baker's Friend akan segera launching oven gas otomatis buatan lokal pertama di Indonesia. Jadi, apabila belum ada cukup uang untuk membeli oven impor, bisa beli oven berkualitas impor tapi dengan harga lokal ini. Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan check instagram kami di @bakersfriend_id.


5. Maju Terus Pantang Mundur

Pepatah mengatakan “bermain air basah, bermain api letup” yang berarti kita akan mendapatkan imbalan atas apa yang kita kerjakan. Tetap semangat, percaya, dan berdoa usaha yang kita tekuni saat ini akan menghasilkan suatu saat. Siapa tahu, kue buatan kita bisa sama populernya dengan kue milik para artis. Selamat mencoba!

26 views0 comments