• Baker's Friend

5 Tips Merawat Stand Mixer Agar Awet dan Tahan Lama



Stand mixer merupakan alat elektronik yang berfungsi mengolah bahan makanan seperti mengaduk, mencampur, dan mengembangkan adonan. Alat ini dirancang secara khusus dengan kecepatan putaran yang dapat disesuaikan agar bisa menghasilkan adonan yang pas. Dengan adanya mixer maka pembuatan bahan makanan dapat lebih mudah dilakukan dan lebih cepat selesai. Seperti alat elektronik pada umumnya yang harus selalu dirawat dengan baik, stand mixer juga harus dirawat dengan baik agar fungsi dan kegunaannya dapat bertahan lama dan Anda dapat selalu menggunakannya. Berikut 5 tips agar mixer Anda bisa awet dan tahan lama:

  1. Hindari guncangan Jagalah stand mixer dan hindarkan dari risiko badan mixer terjatuh atau terbanting. Jangan sampai stand mixer tertimpa benda-benda keras karena hal itu akan dapat merusak komponen kelistrikan di dalam mixer dan badan mixer. Setelah digunakan, gulung kabel kemudian susun di kotak kemasannya seperti semula.

  2. Memberikan jeda Jangan terlalu lama menggunakan mixer roti untuk mengaduk adonan, apalagi sampai panas. Ini dapat mengakibatkan lilitan motor listrik terbakar. Beri jeda 15 menit untuk mendinginkan mesin.

  3. Bersihkan dan lumasi secara berkala Kain mikrofiber dan botol semprot berisi campuran air dan sabun bisa kamu gunakan untuk membersihkan mixer. Selain itu roda gigi perlu dilumasi dengan minyak pelumas untuk melancarkan gerakan mixer. Bila dirawat dengan cara yang benar, maka stand mixer akan bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun.

  4. Langsung bersihkan Selalu bersihkan mixer dan bagian-bagiannya dengan kain lembab atau lembut setelah selesai digunakan. Bila perlu bersihkan dengan air sabun agar aroma adonan menjadi hilang.

  5. Penyimpanan Simpan stand mixer dengan baik di tempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpan di tempat yang kering karena stand mixer cukup rentan dengan keadaan suhu dan lingkungan yang tidak cocok

Demikian 5 tips merawat stand mixer agar awet dan tahan lama yang bisa Anda lakukan. Gunakan mixer sesuai kapasitasnya agar fungsi dan kegunaannya dapat bertahan lebih lama. Perawatan yang tepat akan membuat kualitas mixer Anda tetap terjaga

195 views0 comments

Recent Posts

See All