• Baker's Friend

Beberapa Kesalahan Ketika Membuat Roti

Updated: Mar 31, 2020



Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu.


Namun membuat roti itu tidak semudah menonton video atau membaca buku resep. Perlu latihan keras sampai kamu tahu hal-hal apa saja yang bisa mengurangi kualitas roti itu sendiri. Sebelum kamu coba bikin roti sendiri di rumah, yuk simak dulu beberapa kesalahan membuat roti yang bisa kamu hindari.


  1. Pemilihan tepung Bahan dasar ini sering sekali disepelekan oleh beberapa orang, padahal akibat dari pemilihan tepung yang salah dapat menyebabkan roti tidak mengembang. Jika ingin roti mengembang bagus, pilihlah tepung dengan protein yang tinggi karena kandungan gluten tinggi sangat diperlukan untuk membuat roti mengembang dengan tekstur yang lembut.

  2. Mentega yang berlebihan Perlu kamu tahu, memberikan mentega terlalu banyak akan membuat roti kering, khususnya ketika hendak membuat roti tawar, bisa jadi lapisan luarnya garing atau krispy seperti keripik. Hindari cara ini jika kamu tidak ingin roti bertekstur garing. Ini kerap terjadi sama tidak sabaran dan mencari akal supaya adonan rotimu cepat kalis. Justru perasaan tidak sabar itulah yang membuat kualitas roti tidak sempurna, karena pada dasarnya membuat roti itu dibutuhkan kesabaran.

  3. Memberi ragi terlalu banyak Mungkin kamu pernah berpikir kalo memberi ragi dengan takaran yang banyak akan membuat roti menjadi bagus, mengembang, dan empuk. Namun, ini adalah tindakan yang salah, pada dasarnya ragi merupakan mikroorganisme yang digunakan untuk membantu proses fermentasi makanan. Roti yang aromanya manis bakalan hilang kalo kamu memberikan ragi terlalu banyak. Selain itu ragi yang berlebih akan membuat roti mempunyai pori-pori yang cukup besar dan teksturnya yang kasar seperti roti gandum. Ini terjadi karena ragi menghasilkan gas agar roti memiliki pori-pori


Pada dasarnya, untuk menghindari kesalahan ketika membuat roti, pilihlah bahan yang terbaik dan gunakan bahan secukupnya, jangan berlebihan.

75 views0 comments

Recent Posts

See All