• Baker's Friend

Industri Bakery Terus Berkembang, Peluang Bisnis Terbuka Lebar

Updated: Sep 24, 2019



Banyak orang yang berkeinginan untuk memulai sebuah bisnis. Namun, seringkali ketakutan mengalahkan keinginan. Sejumlah pertanyaan pun datang menghampiri. Bisnis apa yang berpotensi? Apa yang sedang dibutuhkan masyarakat? Solusi apa yang bisa saya berikan? Siapa target pasarnya? Bagaimana jika saya gagal dan rugi besar? Kurang lebih pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang seringkali menghambat keinginan kita untuk memulai sebuah bisnis. Apabila Anda sedang bingung memikirkan bisnis apa yang harus Anda mulai, ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu, mencari informasi mengenai industri apa yang pertumbuhannya terus meningkat.


Untuk mengetahui tentang perkembangan suatu industri, carilah informasi seberapa banyak masyarakat yang mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut. Karena hal itulah yang akan menjadi tolak ukur apakah produk kita dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak. Salah satu contoh industri yang perkembangannya pesat yaitu industri makanan dan minuman.


Melansir dari poskotanews.com, industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor manufaktur andalan dalam memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Industri makanan dan minuman berpotensi menjadi industri yang paling unggul karena memiliki supply dan demand yang banyak. Termasuk konsumsi roti dan produk bakery lainnya. Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Kementrian Pertanian pada tahun 2018, konsumsi roti seperti roti tawar mencapai kenaikan tertinggi di antara makanan lainnya dengan persentase kenaikan hampir 500% dalam lima tahun (2014 - 2018), disusul oleh produk bakery lainnya seperti kue kering, dan variasi roti lainnya.


Sumber data: Statistik Konsumsi Pangan 2018


Grafik di atas menunjukkan bahwa permintaan terhadap produk bakery terus meningkat. Persentase kenaikan tersebut mengalahkan makanan-makanan nusantara lainnya seperti lontong, ayam/daging, nasi campur, dan mie bakso. Tabel tersebut secara tidak langsung menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia secara perlahan sudah mulai mengganti asupan sehari-hari dengan produk bakery. Produk bakery merupakan salah satu ragam makanan jadi yang banyak diminati masyarakat dari berbagai kalangan, karena dinilai lebih praktis untuk dikonsumsi sekaligus mampu memberikan kecukupan gizi. Selain itu, produk bakery pun sangat beragam mulai dari rasa, bentuk, sampai tekstur.


Dari informasi ini, dapat kita simpulkan bahwa pada zaman teknologi ini, praktis adalah hal yang paling dicari oleh masyarakat. Termasuk dalam hal asupan makanan. Dan dengan konsumsi produk bakery yang terus meningkat tersebut, bisnis bakery adalah bisnis yang sangat potensial untuk saat ini dan masa mendatang. Jadi, bagi yang mau memulai bisnis di industri makanan, sangat disarankan untuk memulai bisnis bakery.


Bicara soal memulai bisnis bakery, zaman sekarang sangatlah mudah untuk memulai bisnis ini. Bahan dan peralatan untuk memproduksi produk bakery sudah banyak tersebar dan mudah didapatkan di pasaran. Apalagi, di Indonesia akan segera hadir oven deck gas otomatis berkualitas dengan harga terjangkau hasil produksi anak bangsa dengan merek Baker’s Friend Ultra. Jadi dengan adanya permintaan roti yang semakin tinggi, dan perlengkapan yang semakin terjangkau dan berkualitas, maka Anda tidak perlu ragu-ragu lagi untuk memulai bisnis bakery!

859 views0 comments

Recent Posts

See All