• Baker's Friend

Jenis-Jenis Mixer

Updated: Sep 12, 2020


Mixer adalah alat yang bisa digunakan untuk mengaduk adonan kue, roti, mie dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya mix/mixer yang dalam bahasa inggris bermakna pengaduk. Alat ini sudah umum atau mungkin sudah banyak yang mengetahui fungsi dan kelebihan menggunakan mixer. Seperti yang beredar di pasaran, banyak sekali jenis mixer yang sudah diperjualbelikan, dari jenis mixer, merek mixer, kapasitas dan bahkan sampai ke kualitas. Beberapa mixer yang sudah kita ketahui mungkin seperti mixer kecil yang sering digunakan untuk membuat kue, namun tidak sampai di situ. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan kemajuan teknologi, mixer telah mengalami banyak kemajuan.


Berikut ini adalah beberapa jenis mixer yang mempunyai fungsi khusus untuk pengadukan :

  1. PLANETARY MIXER Planetary Mixer adalah mixer yang bekerja seperti teori perputaran planet, dimana beater berputar mengitari bowl dan bowl tidak berputar, sehingga menghasilkan adonan yang rata dan lembut. Planetary mixer sendiri dibedakan menurut kemampuannya, yaitu : - Frequency Adjustable Mixer : Planetary jenis ini mempunyai kecepatan pengadukan yang bisa dengan mudah kita atur. Kecepatan yang dimiliki bekisar 40 - 300 RPM. - Mixer Kecepatan Tetap : Planetary Mixer jenis ini mempunyai kecepatan yang sudah tetap, yaitu dengan menggunakan tombol yang sudah diset, kecepatan yang dimiliki mulai 65 - 373 RPM. Walaupun dari kecepatan sudah dibedakan, namun semua planetary mixer tersebut mempunyai 3 fungsi pengadukan : - Spiral : mengaduk adonan tepung dan jenis bahan makanan yang sangat kental. - Beater : mengaduk keju, adonan pastry dan croissant, aneka tepung, mentega. - Whip : mengaduk bahan makanan encer, seperti: cream : telur, susu segar.

  2. STAND MIXER Stand Mixer adalah mixer yang penggunaannya diletakkan di atas meja. Aplikasinya mirip dengan planetary mixer diatas, namun karena ukuran motor pengaduk yang lebih kecil, maka stand mixer tidak cocok untuk mengaduk adonan kental dalam jumlah banyak. Biasanya stand mixer lebih sering digunakan untuk mengaduk krim atau telur.

  3. SPIRAL MIXER Bertolak belakang dengan stand mixer yang kurang cocok untuk mengaduk adonan kental, spiral Mixer adalah mixer khusus yang bisa digunakan untuk membuat adonan kental dengan kapasitas besar dan mampu menghasilkan adonan yang merata dan lembut. Kecepatan yang digunakan bervariasi mulai 101 - 202 RPM.

461 views0 comments