• Baker's Friend

Mengenal Apron dan 4 Fungsi Utamanya



Apron adalah sebutan lain dari celemek yang merupakan serapan dari bahasa Prancis yaitu neparon yang berarti kain serbet. Apron bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk melindungi pakaian dan tubuh dari segala macam noda atau percikan kotoran. Faktanya, apron tidak hanya digunakan saat memasak. Apron juga bisa digunakan saat Anda sedang bersih-bersih rumah, melukis, atau berkebun. Selain itu, apron juga merupakan alat yang dibutuhkan oleh banyak jenis profesi mulai dari koki, barista, hingga profesi medis.


Bagi Anda yang suka memasak atau membuat kue, biasanya akan memilih apron berdasarkan desain dan warna. Namun untuk memilih apron yang tepat tentunya tidak bisa dilakukan berdasarkan desain dan warnanya saja. Anda juga harus memilih apron berdasarkan jenis kainnya. Sebagai contoh untuk apron yang dipakai memasakan di dapur biasanya terbuat dari material PVC dan kain yang tahan air, minyak, dan paparan noda lainnya


Setelah mambaca penjelasan singkat mengenai apron dan fungsinya di atas, berikut penjelasan lengkapnya mengenai fungsi utama apron:

  1. Terhindar dari risiko terluka Terpapar alat memasak dalam kondisi panas bisa saja terjadi. Tetapi kalau memakai apron maka risikonya bisa dikurangi atau dihindari. Sehingga perlindungan tubuh lebih terjamin.

  2. Mempermudah pekerjaan Apron biasanya memiliki desain dengan beberapa kantong. Kantong tersebut bisa dimanfaatkan untuk tempat menaruh barang-barang yang penting. Sebagai contoh jika Anda bekerja sebagai pelayan, kantong apron tersebut akan berguna untuk menyimpan lap, pulpen, atau note book.

  3. Membuat pakaian tetap bersih Apron akan senantiasa menjaga pakaian Anda tetap bersih meskipun sedang melakukan pekerjaan yang berisiko menimbulkan kotoran. Mulai dari memasak, bersih-bersih rumah yang tentunya memiliki risiko besar terkena kotoran. Oleh karena itu, selalu lindungi pakaian dan diri Anda menggunakan apron saat beraktivitas.

  4. Membuat penampilan lebih menarik Siapa yang tidak ingin terlihat selalu menarik? Pastinya Anda juga ingin bisa tetap menarik meskipun sedang beraktivitas. Apron rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membuat penampilan terlihat lebih menarik. Misalnya saat Anda sedang memasak, jika ingin terlihat lebih fashionable, gunakanlah apron dengan desain yang kekinian. Selain itu, bagi profesi tertentu rupanya apron juga bisa membuat penampilan terlihat lebih profesional. Misalnya saja barista atau pelayan yang ada di sebuah kedai kopi. Saat mereka menggunakan apron, pastinya akan lebih terlihat kredibel.

30 views0 comments