• Baker's Friend

Langkah Persiapan Bisnis Roti Rumahan



Bisnis Makanan adalah salah satu bisnis yang lagi populer atau naik daun di zaman sekarang. Salah satunya adalah bisnis makanan jenis roti. Bisnis makanan ini bisa saja kita lakukan di rumah, atau kita sebut Bisnis Rumahan.


Tertarik dengan Bisnis Roti Rumahan ini ?

Dilansir dari ramesia.com, pertama yang harus dipersiapkan ialah keahlian atau keterampilan untuk membuat roti, baik keahlian yang dimiliki sendiri ataupun merekrut orang yang mahir di bidang pembuatan roti. Selanjutnya juga mesti disediakan berbagai jenis alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya. Diantaranya yang umum dipakai adalah :

  1. Mixer, yang berguna untuk membuat adonan utama pembuatan roti.

  2. Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, digunakan untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukkan ke dalam oven.

  3. Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan membagi adonan roti biar ukurannya sama rata.

  4. Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai macam alat pendukung lain juga diperlukan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain sebagainya. Harga mesin di atas bervariasi tergantung dari merknya, sebagai gambaran harganya sekitar 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga jika ingin lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan antara 30 hingga 50 jutaan.


Cukup besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dulu berkecil hati kalau modal usaha pembuatan roti rumahan belum mencapai angka di atas. Contoh di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuatan roti yang bagus. Sedangkan pada kenyataannya, bisa saja membuka bisnis ini hanya dengan cara manual yang bermodalkan oven roti saja, sedangkan peralatan lain dapat memanfaatkan peralatan umumnya sudah ada seperti mixer dan alat lainnya. Sebab pada dasarnya mesin-mesin tadi hanya berguna untuk membantu mempercepat proses produksi walaupun nantinya mesin ini tetap diperlukan jika kapasitas produksi roti tidak mencukupi karena permintaan pasar cukup besar.


Untuk memajukan industri Roti di Indonesia, PT BAKERINDO MITRA PERKASA sebagai pioneer oven gas otomatis di Indonesia telah meluncurkan produknya yang pertama yaitu “BAKER’S FRIEND ULTRA”. Dengan hadirnya Baker’s Friend Ultra sebagai oven gas otomatis pertama di Indonesia diharapkan dapat semakin meningkatkan maraknya industri roti di Indonesia. Selain itu Program “Indonesia Memanggang Roti” yang diusung oleh PT BAKERINDO MITRA PERKASA dengan mengadakan seminar tentang pengetahuan manajemen usaha roti, bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang berdasar jurusan tataboga, diharapkan dapat terus mendukung keilmuan dalam usaha memajukan industri roti di Indonesia.

32 views0 comments