• Baker's Friend

Mau Belajar Bikin Kue/Roti? Baca Dulu Tipsnya



Membuat kue/roti dengan kualitas dan rasa yang baik, tentunya menjadi idaman bagi semua orang yang suka membuatnya. Nah, untuk anda yang baru mau belajar membuat kue/roti harus baca tips ini sampai akhir agar kue/roti yang anda buat tidak mengalami kegagalan.

  1. Membaca resep sebelum mulai Mungkin hal ini membutuhkan waktu agak lama sekitar 1-10 menit. Namun hal ini dapat menyelamatkan anda dari kegagalan yang nantinya bisa berakibat membuang bahan-bahan dan uang anda untuk sebuah resep yang gagal. Dengan membaca buku resep terlebih dulu, Anda akan dipermudah saat proses baking karena mengikuti langkah demi langkahnya.

  2. Selalu mempersiapkan bahan Setelah kamu membaca resep, sekarang saatnya Anda mempersiapkan bahan-bahannya di atas meja. Dengan cara seperti ini anda bisa meminimalisir kegagalan. Hindari mengganti bahan pada resep karena resep bagaikan ramuan khusus dimana salah memasukan bahan bisa berakibat kegagalan. Kecuali Anda sudah yakin dan mahir dalam hal pembuatan kue/roti.

  3. Pelajari cara pengukuran Ini sebenarnya salah satu poin penting. Baking yang baik biasanya membutuhkan ratio yang tepat, teknik yang benar, dan juga resep yang teruji. Memiliki pemahaman yang baik tentang cara pengukuran sangatlah penting, agar tidak terjadi masalah saat proses baking

  4. Timbang bahan-bahan Timbangan sangatlah berharga disebuah dapur profesional karena dengan alat ini Anda bisa menghasilkan takaran yang pas sesuai dengan resep yang sudah Anda baca sebelumnya. Sekali lagi, ketepatan timbangan adalah kuncinya.

  5. Gunakan termometer eksternal Suhu oven sangatlah penting dalam proses baking. Tergantung oven yang dipakai, kadang-kadang diperlukan termometer eksternal bila tidak ada indikator suhu yang baik pada ovennya. Kecuali jika Anda menggunakan oven gas otomatis Baker's Friend yang menggunakan thermocontrol CAHO (Taiwan) dengan tingkat akurasi tinggi dan mempunyai indikator suhu digital sehingga Anda tidak memerlukan termometer external lagi.

  6. Jangan buka tutup oven Seperti yang telah disebutkan di poin 5 di atas, suhu oven sangat berpengaruh pada hasil akhir dari panggangan kue/roti. Jadi jangan sering membuka dan menutup pintu oven karena bisa mempengaruhi suhu di dalam oven. Anda bisa menggunakan oven yang memiliki pencahayaan bagain dalam dan kaca dengan sudut pandang yang luas sehingga tidak perlu membuka pintu oven jika ingin mengetahui kondisi panggangan.

Jika anda memiliki kendala atau ada bagian yang mungkin kurang jelas, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar atau bisa lewat direct message Instagram di @bakerfriend_id

79 views0 comments

Recent Posts

See All