• Baker's Friend

Peralatan yang Diperlukan dalam Memulai Bakery



Perkembangan industri bakery yang semakin pesat membuat peluang bisnis di bidang ini pun terbuka lebar. Data statistik pun menunjukkan bahwa konsumsi terhadap produk bakery meningkat di setiap tahunnya, sehingga bisnis bidang bakery itu cukup menggiurkan. Hal ini membuat masyarakat berlomba-lomba untuk terjun ke dunia bisnis di bidang bakery. Ada yang memulai dengan menjadi produsen rumahan, ada pula yang langsung membuka toko bakery. Untuk memulai bisnis di bidang bakery, tentu saja harus memiliki berbagai macam peralatan. Untuk Anda yang memulai bisnis dengan menjadi produsen rumahan, mungkin Anda bisa menggunakan alat-alat yang bersifat manual atau (hand work); tetapi bagi Anda yang ingin langsung membuka toko bakery dengan menggunakan dapur profesional, ada delapan peralatan yang Anda butuhkan menurut buku Pastry Preneur karya M. Husin Syarbini.


Mixer

Mixer adalah alat yang digunakan untuk mencampur adonan. Fungsi utama mixer yaitu untuk melarutkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan bakery. Pada prinsipnya, mixer diciptakan untuk mengaduk adonan. Terdapat beberapa jenis dan ukuran mixer yang biasa digunakan untuk usaha bakery, diantaranya yaitu; Planetary Mixer, Spiral Mixer, dan Horizontal Dough Mixer, Anda bisa menyesuaikan jenis tersebut dengan kebutuhan Anda.




Dough Sheeter


Mesin Dough Sheeter atau mesin pengepresan adalah alat utama yang diperlukan untuk membuat pastry jenis adonan lipat, karena alat ini digunakan untuk menjadikan adonan dalam bentuk lembaran tipis. Dough sheeter merupakan mesin yang digunakan untuk mengerol adonan dengan ketebalan yang diinginkan yang diikuti proses pelipatan dengan menggunakan tangan secara manual. Biasanya alat ini digunakan dalam proses pembuatan pastry jenis danish pastry dan croissant. Namun, kenyataan di lapangan, alat ini dapat juga digunakan untuk pembuatan donat, roti (flat bread), dan pizza.


Proofer


Proofer adalah sebuah alat praktis yang diciptakan khusus untuk melakukan proses proofing atau pengembangan adonan. Alat ini berfungsi untuk mengembangkan adonan beragi saat proses fermentasi akhir melalui proses kontrol udara dan kelembapan udara. Beberapa jenis kue mengharuskan adanya tahapan proofing, misalnya donat dan bakpao.










Refrigerator


Refrigerator atau lemari pendingin adalah alat yang digunakan untuk menyimpan produk-produk yang mudah mengalami kerusakan secara biologis atau pembusukan, seperti telur, susu, dan isian dari buah serta daging-dagingan.






Dough Cutter


Sesuai dengan namanya, Dough Cutter adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong adonan menjadi bagian yang lebih kecil, ada dough cutter yang dibuat khusus untuk memotong adonan agar membentuk pola croissant, ada pula dough cutter berbentuk lingkaran yang dapat digunakan untuk memotong adonan puff pastry, dll. Selain untuk memotong adonan, dough cutter juga berfungsi untuk mengangkat adonan yang lengket lalu disatukan lagi menjadi adonan, sehingga tidak ada adonan yang terbuang percuma.


Loyang


Loyang adalah wadah yang digunakan untuk meletakkan adonan sebelum proses pemanggangan. Loyang tersedia dalam beberapa bentuk, misalnya half sheet pan, round cake pan, standard muffin pan, pie plate, dan loaf pan. Setiap loyang memiliki fungsi spesifik yang sudah disesuaikan secara teknis untuk tiap jenis sajian tertentu.







Dough Thermometer


Dough thermometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu air, tepung, suhu adonan, dan juga suhu roti sebelum proses pengemasan.






Oven


Oven merupakan alat yang paling penting karena berfungsi sebagai alat pemanggang dalam proses akhir pembuatan produk bakery. Pemilihan oven untuk proses pemanggangan produk bakery harus didasarkan pada kebutuhan. Untuk industri kecil atau skala menengah, oven gas dapat dipilih untuk meringankan investasi di awal.


Di Indonesia sendiri, peralatan untuk membuat bakery seperti di atas sudah tersebar luas dan relatif mudah untuk didapatkan di pasaran. Apalagi, dalam waktu dekat Baker's Friend akan menghadirkan oven deck gas otomatis murni hasil produksi Indonesia dengan merek Baker’s Friend Ultra. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk ini lebih lanjut silahkan follow Instagram kami di bakersfriend_id.

80 views0 comments