• Baker's Friend

Ruang Produksi Bakery & Cake yang Ideal Bagi Pemula


Untuk Anda yang tertarik dan ingin memulai usaha toko roti alangkah lebih baiknya mempersiapkan ruang produksi yang ideal. Di samping memberikan kenyamanan bagi para pekerja, ruang produksi yang ideal juga akan berdampak pada hasil yang di produksi. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan:

  1. Luas ruangan Luas ruangan menjadi hal yang paling mendasar. Karena sebagian besar wirausaha pemula memulai usahanya dari rumah. Minimal mesin yang harus disediakan adalah Mixer dan Oven. Serta perlengkapan penunjang seperti meja dan rak, juga space untuk menaruh bahan baku dan produk. Jadi sekurangnya area yang harus disediakan adalah 3x2 meter atau seluas 1 kamar.

  2. Lingkungan sekitar Lingkungan sekitar ini sangat penting untuk diperhatikan. Pastinya tempat produksi akan berhimpitan dengan lingkungan sekitar. Hal-hal seperti pembuangan limbah, pembuangan asap produksi dan akses keluar masuk orang dan barang harus benar-benar aman dan nyaman.

  3. Ketersediaan daya listrik Ini sangat vital karena semua peralatan menggunakan listrik. Kita ambil contoh dalam ruang produksi paling minimal, kita mambutuhkan daya untuk 1 unit planetary mixer 20 liter sebesar 1,1 kw dan 1 unit automatic deck oven sebesar 100 watt serta 1 buah cake mixer 350 watt. Diasumsikan semua mesin berjalan bersamaan maka total daya starting yang harus tersedia adalah 1,55 kw. Maka ideal sebuah ruang produksi minimal harus memiliki daya 2,2 kw. Pastinya ada peralatan lain yang juga membutuhkan supply listrik seperti pompa air, kipas, blower, lampu, dll. Juga sangat penting untuk memperhatikan ukuran kabel yang digunakan serta ukuran stop kontak yang tertananam di dinding.

  4. Kestabilan tegangan listrik Kestabilan tegangan listrik sangat dibutuhkan untuk menjaga peralatan agar tidak mudah rusak. Pastikan Anda menggunakan stabilizer tegangan yang banyak dijual di toko peralatan listrik, terutama untuk peralatan yang menggunakan digital control dan pendingin.

  5. Sirkulasi udara Sirkulasi udara yang baik akan membuat perputaran oksigen dan karbon dioksida baik pula. Sirkulasi udara yang baik dalam ruang produksi akan membawa kenyamanan bagi orang yang bekerja didalamnya. Ini bisa diupayakan dengan memasang exhaust fan di ruang produksi untuk membuang asap hasil pembakaran dan menarik udara segar dari luar ruangan. Besarnya exhaust fan disesuakan dengan ruangan yang tersedia.

  6. Safety Karena peralatan produksi menggunakan listrik dan gas, penting sekali untuk memperhatikan keamanan agar pekerjaan produksi berjalan dengan aman. Untuk antisipasi bahaya khususnya kebakaran kiranya Anda harus memastikan koneksi listrik sesuai dengan aturan yang semestinya. Penggunaan kabel yang sesuai ukuran dan menghindari beban yang berlebihan, ini akan mencegah terjadinya konsleting dan beban berlebih. Kemudian pastikan selang gas, regulator, dan tabung benar-benar kondisinya baik. Ganti secara berkala dan jangan menunggu rusak. Sediakan juga APAR (alat pemadam api ringan) di ruang produksi

129 views0 comments

Recent Posts

See All