• Baker's Friend

Tips Membuat Roti yang Lembut Dan Empuk


Tekstur dan rasa roti yang lembut dan nikmat membuat banyak orang mencoba membuat makanan ini di rumah. Tetapi, untuk menciptakan sajian roti yang empuk dan lezat ternyata gampang gampang susah. Bila salah menakar bahan atau menggunakan teknik yang kurang tepat, hasil akhir yang didapatkan akan menjadi kurang nikmat bahkan mengecewakan.


“Jika tepung yang dipilih salah, itu akan membuat roti jadi gagal untuk dikonsumsi dengan baik “ demikian yang diungkapkan oleh Chef Vindex Tengker. “Tepung untuk roti itu harus yang berasal dari tepung protein tinggi, jadi harus ada glutennya dalam tepung untuk membuat adonan menjadi lembut, dan mengembang sehingga jadi mudah kalis”. Chef Vindex Tengker adalah salah satu chef terkenal di Indonesia yang pernah menjadi juri dalam acara master Chef Indonesia.


Oleh karena itu, mari kita intip tips nya yang dilansir dari FOODREVIEW agar roti yang dibuat lembut dan empuk :

  1. Perhatikan kualitas terigu yang digunakan. Sama seperti yang Chef Vindex Tengker kemukakan bahwa tepung terigu yang digunakan dalam membuat roti haruslah berprotein tinggi. Karena jenis tepung ini akan menghasilkan gluten yang lebih banyak sehingga akan menghasilkan tekstur roti yang lebih empuk dan lembut saat digigit.

  2. Menambahkan ragi ke dalam adonan Fungsi ragi dalam pembuatan roti antara lain adalah mematangkan dan mengempukkan gluten sehingga adonan dapat menangkap gas CO2 yang dihasilkan pada pembuatan roti, ragi juga membantu terbentuknya aroma dan rasa selama proses fermentasi pada pembuatan roti. Untuk hasil yang maksimal, simpan adonan roti yang telah ditambahkan ragi dalam wadah tertutup selama beberapa jam sebelum memanggangnya,

  3. Gunakan putih telur dan kuning telur Telur merupakan penentu tekstur yang akan dibuat. Nah agar tekstur roti terasa lebih padat dan kenyal, gunakan bagian putih telurnya saja. Namun bagi yang menyukai tekstur roti renyah dan lembut tambahkan lebih banyak kuning telur ke dalam adonan.

  4. Tambahkan pelembut adonan Tips satu ini terbilang optional. Agar tekstur bagian dalam roti semakin lembut dan masa simpannya lebih lama, bisa menyisipkan sedikit pengembang adonan dan campurlah secara merata.

  5. Jangan terlalu lama memanggang roti Pemanggangan merupakan salah satu tahap yang penting dalam pembuatan roti. Namun sebaiknya hindari memanggang roti terlalu lama karena dapat membuat teksturnya menjadi terlalu kering.

Nah, untuk memanggang roti dengan hasil maksimal, jangan lupa gunakan Oven BAKER’S FRIEND ULTRA produksi PT. BAKERINDO MITRA PERKASA, yang merupakan produk oven gas otomatis hasil karya Putera puteri Indonesia. Selamat mencoba!

147 views0 comments

Recent Posts

See All